Wisata Keren

31
Aug

Wisata Seharian di Eco Green Park Batu

Fri 31 Aug 2012, 20:00pm

14

   Ada yang baru lho di kota Batu (Malang), apa tuh. Ya ketika saya berkunjung Agustus 2012 lalu, bisa dikatakan tempat wisata "Eco Green Park" ini masih baru (Soft Opening nya sekitar Juli 2012), wah wajib kesana kayaknya, lagian dari pada bingung-bingung pilih destinasi lain, sekalian mencicipi aroma baru tempat wisata di Batu dech.

  Saya berangkat pukul 09.00 WIB, (Batu - here we come, hehehe ), seperti biasa perjalanan ke Batu dari Surabaya memakan waktu sekitar 2 1/2 jam-an, tidak lama sekitar jam 12.00 (jam makan siang) sudah tiba di lokasi. Lokasi Eco Green Park sendiri tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2 atau tepatnya diJl.Oro-oro Ombo No.9A, Kota Batu - Malang. Sesampai disana, ya amplop...parkir mobil sudah tidak mampu menampung lagi, beginilah kalo musim liburan, semua serba penuh ha ha ha.

 

ecogreenpark01

Peta Lokasi

 

ecogreenpark02

Pintu Gerbang

 

   Di pintu gerbang sekaligus loket tiket ini, saya beli tiket seharga Rp. 40.000,- (Kalau Weekday, Senin - Kamis hanya Rp. 30.000,-). Seperti halnya tempat wisata Jatim Park, tiket masuknya berupa kertas yang wajib dikenakan melilit pergelangan tangan (seperti gelang), bahannya pun tahan air. Apa aja yang terdapat di dalam taman wisata yang satu ini ya, berhubung masih baru, brosur map-nya juga belum dicetak lengkap, namun penataan taman wisata ini sungguh bagus, karena dibagi dalam beberapa zona, yang pasti dilalui satu persatu dari sejak awal pintu masuk sampai pintu keluar, berikut zonanya :

1. Miniatur candi-candi terkenal di Seluruh Jawa.

2. Insectarium.

3. Walking Bird.

4. Kolam Musik (Music Plaza).

5. Jungle Adventure.

6. Animal Farm.

7. Hydroponic.

8. Burung Kakak Tua Sedunia (World of Parrots).

9. Kerajaan Bebek (Duck Kingdom).

10. Rumah Terbalik.

11. Water Track.

12. Pasar Burung.

13. Bird show.

14. Geology.

15. Dome Multimedia.

16. Eco Journey.

 

    Secara keseluruhan tempat wisata ini bagus untuk menambah wawasan dan pembelajaran anak-anak, karena banyak zona-nya dan luas, saya sarankan agar datang lebih pagi sehingga semua zona bisa kita jelajahi tuntas seharian. Berikut kupasan masing-masing zona.

 

Zona Miniatur Candi-Candi Terkenal di Seluruh Jawa

   Zona ini merupakan rute awal penjelajahan dengan latar belakang miniatur candi-candi terkenal di Jawa, di sebelah kiri terdapat pos kecil yang menyewakan "Electric Scooter", kalau ingin menjelajah seluruh zona tanpa perlu capek-capek berjalan kaki bisa sewa tuh (Krn dijamin yang gak biasa jalan kaki pasti capek menyusuri semua zona yang ada hihihi). Jangan kuatir semua zona bisa dilalui scooter ini, bahkan disediakan titik titik parkir jika ingin berhenti di setiap zona.

 

 ecogreenpark03

Miniatur Candi-candi

 

ecogreenpark04

Skuter Elektrik

 

   Setelah jalan beberapa meter ke depan, disana akan terlihat sebuah patung sapi dan gajah yang masing-masing terbentuk dari susunan barang-barang bekas pakai, si Gajah tersusun dari limbah elektronik (tv dan komputer jadul) sedangkan si Sapi tersusun dari plat-plat besi pintu-pintu mobil, untuk menunjukkan bahwa rangkaian barang bekas bisa dijadikan seni.

 

ecogreenpark05

Seni Daur Ulang

 

Zona Insectarium

   Perjalanan dilanjutkan menuju zona insectarium, dengan bangunan berbentuk atap bulat yang terbuat dari bambu (Bambu Plaza). Bagi yang menggunakan electric scooter bisa memarkirnya di tempat bertanda parkir untuk bisa masuk ke bagian dalam bangunan. Di dalam terdapat berbagai jenis serangga hidup dan yang sudah diawetkan, mulai dari ulat, belalang yang bentuknya persis dengan daun (kalau gak cermat ini belalang disangka daun),  hingga kumbang yang berjenis kelamin ganda pun ada (ck ck ck, ternyata serangga jg ada yang banci ya...). Yang berani berpose dengan belalang hidup diberi kesempatan memegang dan difoto.

 

ecogreenpark06

Insectarium

 

Zona Walking Bird

   Setelah puas bermain dengan serangga, rute dilanjutkan untuk memasuki kawasan burung-burung yang nggak suka terbang, tapi hobinya jalan-jalan, doyan traveler  (sama dong). Di area ini banyak dijumpai burung-burung semacam burung unta, kasuari, bangau, merak, cangak, nandu (oh namanya aneh-aneh dan baru tau, keren ya ), lagian masing-masing burung tsb didatangkan dari berbagai kawasan belahan dunia

 

ecogreenpark07

Gerbang Walking Bird

 

Zona Music Plaza

   Selanjutnya memasuki area untuk duduk-duduk santai sambil menikmati bunyi-bunyian dan nyamil snack, dimana di tengah-tengah area terdapat kolam yang di pinggir-pinggirnya ada berbagai macam instrumen untuk membuat bunyi-bunyian, ada  juga cafe dengan dandanan ala holland yg kesohor dengan kincir anginnya, buat yang suka main tembak-tembakan air ,siap-siap berbasah ria di area ini.

 

ecogreenpark08

Gerbang Kolam Musik

 

ecogreenpark09

Snack Corner

 

Zona Jungle Adventure

   Untuk dapat masuk menikmati "Jungle Adventure" yang lokasinya di sebelah kiri Music Plaza ini, saya pun mendaftarkan diri kepada petugas di depan pintu jungle adventure yang berbentuk pohon tumbang dan setelah terdaftar (Gak pake bayar lagi alias gratis), dipersilahkan untuk menunggu panggilan dengan no. 348, Kira-kira ada petualangan apa ya di dalamnya.

 

ecogreenpark10

Jungle Adventure

 

   Beruntung karena tidak banyak yang ngantri, tidak lama kemudian sudah dipanggil, setelah melewati pintu masuk, tunggu sebentar, dan ternyata mobil "Roll Royce " sudah menghampiri untuk siap ditumpangi, 1 mobil bisa berisi 10 orang, akhirnya "New Adventure" dimulai juga. Tema petualangan kali ini ternyata menyusuri hutan buatan, dimana menceritakan tentang penebangan pohon-pohon secara liar, pembalakan kayu, perburuan hewan secara liar, dan yang tak kalah seru, siap-siap mendapat kejutan dimakan laba-laba.

 

ecogreenpark11

Nich Roll Royce-nya

 

Zona Animal Farm

   Zona ini hanya berisi hewan-hewan peternakan seperti sapi, kambing, ayam dan kerabatnya, terdapat juga stan yang menjelaskan cara membuat campuran pakan ternak.

 

ecogreenpark12

Kandang berbagai macam ayam

 

Zona Hydroponic

   Rute selanjutnya diarahkan untuk mengunjungi tanaman-tananaman yang dikembangkan secara hidroponik, seperti Stroberi, Jamur, Paprika, Tomat. Yang menarik disini terdapat Rumah Jamur yang berisi berbagai jenis jamur dan cara pengembang-biakannya hingga pengolahan menjadi bahan pangan. Ada juga budidaya tawon.

 

ecogreenpark13

Rumah Hidroponic

 

ecogreenpark14

Ruang Jamur

 

   Setelah keluar dari rumah jamur, kita memasuki ruang yang berisi berbagai macam tanaman yang sangat-sangat jarang kita lihat, saya sendiri seumur-umur baru lihat secara "LIVE" nya sekali ini, seperti tanaman yang doyannya makan serangga, yang namanya Kantong Semar (bahasa planet'nya Nepenthes), bahkan pohon Ara seperti yang disebut di kitab Injil bisa dilihat disini.

 

ecogreenpark15

Kebun Tanaman Langka

 

ecogreenpark16

Monster Plant - Kantung Semar

 

Zona Burung Kakak Tua Sedunia (World Parrots)

   "Eak, eak" begitulah ramainya sambutan si paruh bengkok ketika melewati zona burung yang identik dengan film sang bajak laut, di sangkar kanan kiri dapat menyaksikan macam-macam burung kakak tua dari seluruh penjuru dunia, dan ternyata burung jenis ini bervariasi banget lho disetiap kawasan dunia, dari putih, hitam, hijau, merah, kuning, biru, oranye weleh-weleh lengkap banget.

 

ecogreenpark17

Dunianya Burung Kakak Tua

 

Zona Kerajaan Bebek (Duck Kingdom)

   Sampailah pada zona kerajaan bebek, hampir sama dengan zona sebelumnya, tampaknya yang namanya bebek memang banyak juga jenisnya di seluruh negara, hingga bebek dari negara yang pernah dilanda kelaparan (Ethiopia) pun punya bebek jenis tersendiri. Karena bebek suka sekali berenang ya, jadi di kawasan ini bener-bener bebeknya dimanja sehingga yang dijumpai banyak bebek-bebek lagi asyik wira-wiri berenang kesana kemari di kolam-kolam yang disediakan.

 

ecogreenpark18

Kerajaan Bebek

 

    Setelah melewati sederetan kolam-kolam penuh bebek, lanjut memasuki lorong agak gelap, eh ternyata ketemu deretan burung-burung hantu, setelah keluar akan menjumpai sangkar raksasa yang berisi berbagai jenis burung-burung lain, sampai burung "Angry Birds" pun ada disitu hahahha, bisa santai-santai sejenak sambil duduk-duduk sebelum melanjutkan rute selanjutnya.

 

ecogreenpark19

Angry Birds Cafe

 

Zona Rumah Terbalik

   Setelah puas duduk-duduk sambil menikmati angin sepoi-sepoi, serta berfoto ria, jalan-jalan dilanjutkan untuk menuju "Rumah Terbalik". Didepan pagar antrian rumah terbalik, orang-orang sudah pada antri masuk, tapi oleh petugasnya tidak diperbolehkan masuk sekaligus, harus bergantian, supaya di dalam bisa bernafas dan gak penuh sesak.

 

ecogreenpark20

Bagian Depan Rumah Terbalik

 

   Sesuai seperti namanya, menyusuri ruangan didalamnya akan menjumpai kamar-kamar yang mana semua perabotannya terbalik semua, sehingga seolah-olah kita berjalan di langit-langit rumah ini, di dalamnya terdapat kamar ruang keluarga, gudang, loteng, kamar tidur, dapur, kamar mandi. Untuk masuk ke tiap-tiap ruangan ini kami semua diinstruksikan oleh petugas yang jaga di depan pintu masuk antrian tadi agar tidak berhenti lebih dari 10 menit di masing-masing kamar. Dan ternyata memang jika berhenti terlalu lama, lampu kamarnya akan padam secara otomatis dan gelap sama sekali, jadi gak bisa melihat apa-apa (lha, untung ada senter darurat alias sinar dari HP, kalo gak, nggak bakal nemu jalan keluar).

  Perjalanan diawali dari ruang tamu, ruang berloteng, lalu ke gudang, dan pengunjung diharuskan mencari jalan exit sendiri melalui ruangan berisi dinding-dinding yang penuh cermin (jangan putus asa ya kalo jalannya buntu dan ketemu bayangan diri sendiri ), masuk lorong kamar-kamar tidur, dapur, lalu exit.

 

Zona Water Track

  Yang menyukai tantangan berjalan di atas balok-balok dengan posisi yang bervariasi di atas air kolam dapat mengikuti permainan water track ini, intinya pengunjung diajak menginjakkan kakinya di batu tumpuan atau balok titian yang berliku-liku dan jika gagal bisa kecebur ke dalam kolam, jadi siap-siap basah ya.

 

ecogreenpark21

Water Track

 

ecogreenpark22

"Traveler Tripod" ku yang lenyap

 

   Suatu musibah terjadi ketika sedang berfoto-foto dengan anak saya di area water track ini, yaitu hilangnya tripod kamera yang saya letakkan disebelah kursi ini, lenyap tak berbekas ketika saya tinggal 10 menitan untuk berfoto-foto di area yang sama ini. Sudah melapor ke petugas di water track ini serta ke kantor informasi dan diumumkan lewat pengeras suara, hingga jam tutup, tidak ada yang mengembalikan, hik hik hik. Saran saya, jika berkunjung supaya mengawasi barang-barang bawaan anda dech, jangan ditinggal sedetik pun.

 

Zona Pasar Burung

   Zona Pasar Burung ini adalah salah satu zona di Eco Green Park yang tidak pernah buka selamanya, kalau gak percaya silahkan berkunjung kesini setiap hari dan pandang papan di gerbangnya yang berbunyi "Pasar Boeroeng - Esok Boeka", nah kan hari ini kesini, Pasar Burung buka-nya selalu "ESOK"

 

ecogreenpark23

Gerbang Pasar Burung

 

   Yang belum pernah ke pasar burung sama sekali, akan bisa melihat gambaran pasar burung itu kayak apa, cobalah dengan melihat-lihat di zona pasar burung ini.

 

Zona Bird Show dan Food Court

   Setelah berjalan-jalan hampir 3 jam, akhirnya tiba di zona pertunjukkan burung, namun ketika saya berkunjung dan behubung masih baru sehingga belum ada jadwal pertunjukkan burung di zona ini, jadi nya hanya duduk-duduk aja di sekitar food court di samping area bird show ini, yang mana merupakan ruang terbuka dan luas, dan bisa mencoba menceburkan kaki ke dalam kolam terapi ikan gratis (cuci kaki dulu ya sebelum menceburkan kaki).

 

ecogreenpark24

Area terbuka Bird Show

 

    Waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 16.00, setelah beristirahat sejenak, perjalanan dilanjutkan menuju zona-zona pamungkas sebelum keluar dari taman wisata ini.

  

Zona Geology

   Pada saat saya kesini, zona ini masih dalam tahap penyelesaian, zona ini merupakan bangunan indoor di balik zona miniatur candi-candi, memasuki area ini, diawalnya akan melihat berbagai jenis batu-batuan alam, dan cara-cara penambangannya atau pengolahannya dari alam, terdapat juga simulator angin, suatu ruangan kaca untuk mencoba kekuatan tekanan angin,

 

ecogreenpark25

Dinding Masuk Zona Geology

 

Zona Dome Multimedia

   Merupakan sebuah bangunan berbentuk kubah (dome) untuk menonton pertunjukkan film, saya mencoba ikut masuk ke dalam untuk menonton, di dalam gedung, semua pengunjung cukup berdiri mengambil tempat dengan posisi berderet-deret melingkar mengelilingi ruangan, film yang diputar adalah petualangan "Hanoman" si legenda kera putih. Film pun diputar, dan merupakan permainan proyektor, karena film di sorotkan di seluruh dinding ruangan dan langit-langit, jadi dari segala posisi penonton bisa melihat serunya adegan pertempuran si Hanoman, yang berloncatan kesana kemari. Durasi film tidak terlalu lama sekitar 10 menit saja.

 

ecogreenpark26

Tampilan Luar Dome Theater

 

Zona Eco Journey

   Ini merupakan zona terakhir, namun berhubung waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore, saya tidak diperkenankan masuk oleh petugasnya karena sudah mau tutup dan antrian yang belum masuk masih penuh. hik hik, jadinya tidak bisa berkomentar dan tidak tahu apa isi yang ada di dalam, yang jelas untuk melihat-lihat ada apa didalamnya, pengunjung akan naik semacam kereta untuk berpetualang di dalam gedung.

 

ecogreenpark27

Antrian di Eco Journey

 

Mall BATU Town Square

   Pulang dari eco green park, saya mencoba untuk menyempatkan mampir ke mall yang baru saja berdiri di Batu, ya namanya Batu Town Square. Letaknya nggak jauh-jauh amat dari Eco Green Park, atau tepatnya di jl. Diponegoro.

 

ecogreenpark29

Maket Batu Town Square

 

   Setelah parkir di lantai Basement, naik eskalator menuju lantai 1, di dalam Mall 3 lantai  ini, ada hypmermarket yang sudah beroperasi, gerai donat (Mocco Donats & Coffee), gerai penjual tas (Bag Mega Store), toko peralatan kamera, restoran "Tea House" (dikelola Tong Tji), juga ada Matahari Dept. Store, dan Fun Game, halah kok malah promosi hehehe, sedangkan untuk Food Court nya di lantai atas, belum banyak yang buka.

 

ecogreenpark28

Food Court Lantai 2

 

   Setelah berkeliling sebentar, akhirnya saya memutuskan untuk pulang balik ke Surabaya. Nice one day trip.



14 Jejak Komen
  • maria

    Thu 14 Nov 2013, 2:10am
    bagus ya ternyata batu wow!!!! keren gooooooooooood

    Merespon

    • Yvzur

      Thu 14 Nov 2013, 23:19pm
      yup, nggak mau kalah ama luar hehehe :)

      Merespon

  • Thasya

    Wed 13 Mar 2013, 16:27pm
    Bagus loo tempatnya !!
    Thanks ya info na, soal'na dari sini aku bisa buat laporan widyawisata dgn lengkapp...!!

    THANK YOU SO MUCH :*

    Merespon

    • Yvzur

      Wed 3 Apr 2013, 14:59pm
      setujuuu, tempat-tempat wisata batu memang produk domestik yang gak kalah ama luar thumb up , pariwisata indonesia ayo maju....

      Merespon

  • Yemi Nathania Kurniawan

    Mon 11 Mar 2013, 18:26pm
    say prnh ksn
    setelah membaca ini saya jadi pengen kesana lg
    mksh yaa info nya yg lengkap ini
    :)

    Merespon

    • Yvzur

      Sat 23 Mar 2013, 14:49pm
      To Yemi, makasih juga sudah mampir

      Merespon

  • Yvzur

    Sun 10 Mar 2013, 14:39pm
    @Athaya dan @veve, Thanks you atas komennya

    Merespon

  • veve

    Tue 5 Mar 2013, 21:52pm
    menarik bgt infonya..
    jadi tertarik untuk berkunjung :)

    Merespon

  • Athaya

    Mon 11 Feb 2013, 11:29am
    pingin datang kesana nanti liburan sekolah anak-anak

    Merespon

  • Yvzur

    Tue 05 Feb 2013, 14:01pm
    @Anis & ChristyChiBi
    Terima kasih sudah mampir

    Merespon

  • FB ChristyChiBi

    Fri 11 Jan 2013, 17:29pm
    Saya sih memang pernah ke Eco Green Park :D Tapi menurut saya kurang seru karena pada saat itu Eco green Park Hanya mempunyai Wahana Wahana yg sangat sedikit Sekarang saya Ingin merasakan ke Eco Green Park lagi Salam dari Surabaya

    Merespon

  • Anis

    Mon 7 Jan 2013, 15:37pm
    wach seruu bgt kayaknya..... jadi mupeng pengen ksna nech...

    Merespon

  • MAHARANI ZOO & GOA

    Sun 9 Dec 2012, 13:47pm
    itu adalah saudara termuda dari JatimPark Group....
    dan maharani Zoo & Goa juga merupakan salah satu sister company-nya Eco Green Park lho!!!
    nice place to visit.
    kapan-kapan mampir ke Lamongan ya...

    Merespon

    • Yvzur

      Sun 6 Jan 2013, 13:38pm
      Salam Travelicious Pak,
      Senang juga sudah mampir kemari, btw kami sekeluarga sudah lama buangeeet pernah berkunjung ke Maharani ZOO & GOA.

      Kalau diberi FREE entry ticket,ya dengan senang hati kita akan berkunjung ke Maharani ZOO & GOA lagi, sekaligus meliput apakah ada sesuatu yang baru di Maharani Zoo - he..he..he :)

      Merespon


Ninggalin Jejak





 (opsi : Isikan link web-mu jika ada)



     Ikuti jejak komentar via email (Subscribe)

Kode Sekuriti